LAPORAN
PELAKSANAAN
KULIAH KERJA NYATA
MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
UPAYA PEMANFAATAN LIMBAH
PLASTIK MENJADI MEDIA TAMAN VERTICAL SEBAGAI SOLUSI KONSERVASI LINGKUNGAN DAN
OPTIMALISASI LAHAN SEMPIT PERKOTAAN DI KELURAHAN BARUSARI KECAMATAN SEMARANG SELATAN KOTA SEMARANG
OLEH:
Priyo
Setiawan
|
3301412126
|
Qy
Atqia
|
1102412065
|
Andri
Saeful Adnan
|
2101412080
|
Setyangga
Achmad F.
|
2601412013
|
Ginawan
Rianto
|
3301412102
|
Zakiyatul
Fakhiroh
|
3301412112
|
Arnita
Susilaningtiyas
|
3301412119
|
Aprilia
Ratna Dewi .N.
|
3301412121
|
Istiqomah
|
3301412138
|
Wahyu
Nur Alamsah
|
4201412095
|
Taofik
Hidayat
|
5202412052
|
Dendy
Nur Hakim
|
6101412094
|
Faradhita
Widha R.
|
6101412112
|
Loren
Febrilia .P.
|
6101412127
|
Wiwi
Septiani
|
7101412370
|
LEMBAGA
PENELITIAN DAN PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
KEMNTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI
TAHUN 2015
HALAMAN
PENGESAHAN LAPORAN PELAKSANAAN KKN ALTERNATIF
Nama
Kegiatan :
Upaya Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Media Taman Vertical Sebagai Solusi Konservasi Lingkungan dan
Optimalisasi Lahan Sempit Perkotaan Di Kelurahan Barusari Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang
a.
Nama Lengkap : Priyo Setiawan
b.
NIM :
3301412126
c.
Fak/ Jur/
Semester :
FIS/Pkn /VII
2.
Jumlah Anggota
kelompok pengusul : 14 orang
3.
Dosen Pembimbing
Lapangan
a.
Nama lengkap dan
gelar : Dra. Sumilah M.Pd.
b.
NIP :
195703231981112001
4.
Waktu
Pelaksanaan :
3 November- 14 Desember 2015
5.
Lokasi kegiatan
KKN : Kelurahan
Barusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang
6.
Biaya Kegiatan :
Rp Rp
7.050.000, 00
7.
Sumber Biaya :
a.
Iuran
Mahasiswa (15 x Rp 470.000,00) = Rp 7.050.000,00
b.
Sponsor =
Rp -+
Jumlah =
Rp 7.050.000,00
Mengetahui,
DPL
KKN Koordinator
Mahasiswa
Dra.
Sumilah M.Pd. Priyo
Setiawan
NIP.
195703231981112001 NIM.
3301412126
Menyetujui
Kepala Pusat Pengembangan KKN
Dr. Dwijanto, M.S.
NIP.
19580430
198403 1 006
KATA
PENGANTAR
Puji syukur
kehadirat Allah Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya
sehingga penulis dapat menyelesaikan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif Gel. II B
UNNES 2015 di Kelurahan Barusari Kecamatan Semarang Selatan Kota
Semarang dengan baik. Laporan ini disusun
sebagai bukti dan pertanggungjawaban hasil
dari Kuliah Kerja Nyata (KKN).
Penulis menyampaikan terima kasih
kepada semua pihak yang telah membantu diantaranya kepada :
1.
Bapak
Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum selaku Rektor Universitas Negeri Semarang
(Unnes).
2. Lembaga Penelitian dan Pengabdian
Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Semarang
3. Ibu Dra. Sumilah M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan
4. Ibu Sulistyaningsih, S.Sos.selaku Lurah di Kelurahan Barusari Kecamatan Semarang
Selatan kota Semarang yang telah mendukung program KKN Alternatif gelombang II B
UNNES 2015.
5. Perangkat desa beserta warga Kelurahan Barusari Kecamatan Semarang Selatan Kota
Semarang yang telah ikut berpartisipasi dalam
program kerja KKN Alternatif
gelombang II B UNNES 2015.
6. Semua pihak yang telah membantu
kelancaran KKN Alternatif
gelombang II B UNNES 2015.
7.
Kami
menyadari sepenuhnya bahwa laporan KKN Lokasi UNNES 2015 ini masih memiliki
banyak kekurangan, oleh karenanya kami sangat mengharapkan saran dan kritik
yang membangun agar penulis dapat menjadi lebih baik di masa datang.
Semarang, 30 November 2015
Tim
KKN UNNES
RINGKASAN
Kuliah Kerja
Nyata atau yang disingkat dengan KKN merupakan program lembaga pendidikan
perguruan tinggi yang dilakukan oleh setiap mahasiswa yang memenuhi
persyaratan. Universitas Negeri Semarang setiap tahun menyelenggarakan KKN,
bahkan satu tahun lebih dari dua penerjunan KKN ke tiap-tiap desa maupun
kelurahan di berbagai kota di seluruh Indonesia.
Kelurahan
Barusasri merupakan kelurahan yang menerima KKN Unnes di tahun 2015. Kelompok
yang melaksanakan KKN di kelurahan barusasri adalah kelompok KKN APHIKAL dengan
bergbagai program kerja yang telah disetujui LP2M Unnes.
Berdasarkan
hasil observasi awal,
Kelurahan Barusari Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang, merupakan
kelurahan yang berada di sebelah selatan kota Semarang. Kelurahan ini memiliki
luas daerah 50 Ha. Terbagi dalam 7 RW, Jumlah penduduk 8.137 Jiwa. Lingkungan merupakan
hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Untuk menunjang kehidupan
manusia pada khususnya, diperlukan lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman.
Kelurahan Barusari tidak berpotensi sebagai wilayah perkebunan maupun pertanian.
Tujuan pelaksanaan program KKN Alternatif
gelombang II B UNNES 2015 yaitu mensinergikan dan
memberdayakan masyarakat dengan memberikan bantuan pemikiran tenaga dan teknik
berbasis konservasi yang sehat, unggul dan sejahtera guna meningkatkan
kesejahteraan masyarakat kelurahan
Barusari.
KKN Alternatif Gelombang II B
UNNES 2015 mengusung tema posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga). KKN ini
bertempat di Kelurahan Barusari Kecamatan
Semarang Selatan Kota Semarang.
Kata Kunci: KKN Alternatif, Posdaya, Universitas Negeri
Semarang
DAFTAR ISI
HALAMAN
SAMPUL...................................................................................
HALAMAN
PENGESAHAN........................................................................
KATA
PENGANTAR.....................................................................................
RINGKASAN.................................................................................................
DAFTAR
ISI...................................................................................................
DAFTAR
TABEL............................................................................................
DAFTAR
LAMPIRAN...................................................................................
BAB
I PENDAHULUAN...............................................................................
A.
Deskripsi
Situasi Desa Lokasi KKN.........................................................
B.
Deskripsi
Kondisi Desa Lokasi KKN.......................................................
BAB
II PERMASALAHAN, PENDEKATAN SOSIAL, DAN
RENCANA
PROGRAM KERJA...................................................................
A.
Identifikasi
Masalah..................................................................................
B.
Rumusan
Masalah......................................................................................
C.
Pendekatan
Sosial......................................................................................
D.
Rencana
Program Kerja.............................................................................
BAB
III PELAKSANAAN PROGRAM KERJA.........................................
A.
Penguatan
Posdaya....................................................................................
B.
Bidang
Garapan Posdaya..........................................................................
1.
Bidang
Pendidikan..............................................................................
2.
Bidang
Kesehatan...............................................................................
3.
Bidang
Ekonomi..................................................................................
4.
Bidang
Infrastuktur dan Lingkungan Hidup......................................
C.
Program
Konservasi...................................................................................
BAB
IV PEMBAHASAN...............................................................................
A.
Relevansi
Kegiatan....................................................................................
B.
Akseptabilitas............................................................................................
C.
Partisipasi
Masyarakat...............................................................................
D.
Kegunaan
..................................................................................................
E.
Dampak
Jangka Panjang............................................................................
F.
Tindak
Lanjut............................................................................................
G.
Kelanjutan.................................................................................................
BAB
V PENUTUP..........................................................................................
A.
Simpulan
...................................................................................................
B.
Saran
.........................................................................................................
DAFTAR
TABEL
DAFTAR LAMPIRAN
A.
Biodata
Mahasiswa KKN.........................................................................
B.
Tabel
Register Pendataan Keluarga Posdaya............................................
C.
Peta
Keluarga Posdaya..............................................................................
D.
Data
Basis Posdaya...................................................................................
E.
Surat
Keputusan Pembentukan Posdaya...................................................
F.
Ringkasan
Data Posdaya (bentuk tabel)....................................................
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Deskripsi Situasi Desa Lokasi KKN
Kelurahan Barusari
adalah kelurahan yang terletak di
Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, dan memiliki karakteristik sebagai
berikut:
1.
Luas Wilayah dan Penggunaannya
Kelurahan
Barusari Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang, merupakan kelurahan yang
berada di sebelah selatan kota Semarang. Kelurahan ini memiliki luas daerah 50
Ha. Terbagi dalam 7 RW, Jumlah penduduk 8.137Jiwa. Batas wilayah Kelurahan Barusari
Kecamatan Semarang Selatan yaitu:
Batas Desa/Kel Kecamatan
Batas Desa/Kel Kecamatan
Sebelah Utara : Kel. Bulustalan : Kec. Semarang Selatan
Sebelah Selatan : Kel. Petompon : Kec. Gajah Mungkur
Sebelah Timur : Kel. Randusari : Kec. Semarang Selatan
Sebelah Barat : Kel. Bojong Salaman :
Kec. Semarang Barat
Gambar
1.1 peta Kelurahan Barusari
2.
Jumlah Penduduk (validasi mandiri april 2015)
a.
Total : 8.137 Jiwa
b.
Kepala
Keluarga : 1.661 KK
c.
Laki-laki :
4.158 Jiwa
d.
Perempuan : 3.979 Jiwa
3.
Mata pencaharian (bagi umur 16 tahun keatas)
a.
Karyawan :
1796 orang
b.
Wiraswasta :
353 orang
c.
petani : 0
d.
Pertukangan :
151 orang
e.
Buruh : 251 orang
f.
pensiun : 365 orang
g.
nelayan
: 0
h.
pemulung :
25 orang
i.
jasa
: 751 orang
4.
Pendidikan
a.
Perguruan
tinggi : 484 orang
b.
Tamat
akademi : 568 orang
c.
Tamat
SLTA : 1500 orang
d.
Tamat
SLTP : 1329 orang
e.
Tamat
SD : 1652 orang
f.
Tidak
tamat SD : 149 orang
g.
Belum
tamat SD : 668
orang
Tidak sekolah : 775 orang
5.
Fasilitas Pendidikan
a.
SD : 3
b.
SMP : 1
c.
TK : 3
d.
POS
PAUD : 2
e.
Perpusdes :
0
B.
Deskripsi Kondisi Desa Lokasi KKN
Kondisi sebelum
pelaksanaan KKN di Kelurahan barusari sebagai berikut,
1.
Di
Kelurahan Barusari sudah terdapat tempat untuk menunjang kegiatan belajar
mengajar di sekolah yakni Rumah Pintar, akan tetapi kurang dimanfaatkan secara
maksimal. Padahal proses belajar di sekolah yang ditunjang dengan kegiatan
diluar sekolah dapat mengasah keterampilan siswa sejak dini. Keterampilan ini nantinya akan
membentuk softskill siswa, sehingga
dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Berdasarkan alasan tersebut, kami
mengusulkan program Peremajaan Rumah Pintar, dimana tim KKN bersama dengan
karang taruna yang ada di Kelurahan Barusari tersebut ikut terlibat dalam
kegiatan aktif yang rutin di rumah pintar. Selain itu buku-buku yang tersedia di
Rumah Pintar sangat minimal dan sudah usang serta kurangnya buku bacaan untuk
kalangan anak-anak ataupun remaja. Adapun progam untuk rumah pintar ini antara
lain Bimbingan Belajar YKS (Yuk kita
Study), English for Young Learners dan
peremajaan buku-buku serta pengadaan katalog untuk memanajemen ketersediaan
buku di Rumah Pintar. Kemudian di Kelurahan Barusari terdapat 2 Pos PAUD yang
tidak berjalan secara maksimal yaitu pelaksanaannya yang hanya pada hari-hari
tertentu saja dalam seminggu karena kurangnya tenaga pengajar sehingga perlu
adanya tambahan pengajar. Oleh karena itu kami merencanakan program bantuan
pengajar Pos PAUD beserta kegiatan lomba-lomba unjuk bakat siswa PAUD sebagai
upaya menumbuhkan jiwa sportifitas siswa PAUD.
Pembangunan kesehatan bertujuan untuk
meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang
agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Untuk mewujudkan
derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat, diselenggarakan upaya kesehatan
dengan pendekatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit dan
penyembuhan serta pemulihan kesehatan yang dilaksanakan secara menyeluruh,
terpadu, dan berkesinambungan (UU.RI, tentangkesehatan 1992).
Berdasarkan hal tersebut, maka ada beberapa kegiatan kesehatan seperti membantu
pelaksaan posyandu. Kegiatan ini menjadi salah satu program kerja kami karena
berdasarkan keterangan dari Lurah Barusari pada pelaksanaan posyandu masih
sangat kekurangan kader yang melaksanakan kegiatan serta pemberian makanan
sehat kepada balita. Kegiatan yang kedua adalah Health Day adalah satu hari dimana ada beberapa kegiatan yang
menunjang kesehatan dimulai pagi hari dengan kegiatan seperti senam sehat dan
jalan sehat.
2. Di Kelurahan Barusari telah terbentuk organisasi perempuan yakni
PKK dimana organisasi tersebut sudah berjalan dengan baik, namun jenis kegiatan
yang dilakukan kurang kreatif (monoton) sehingga perlu adanya kegiatan yang
lebih inovatif, kreatif dan produktif. Oleh karena itu, tim KKN mengusulkan
perencanaan program kegiatan seperti pembuatan Jelly bebas pengawet karena pada saat ini kita sering menemukan
berbagai produk makanan yang banyak menggunakan bahan kimia berbahaya seperti
pengawet makanan dan pewarna tekstil. Sehingga selain diharapkan menjadi
peluang usaha baru, kegiatan ini juga dapat mengurangi bahaya bahan kimia pada
makanan. Kegiatan lain yang kami usulkan adalah pelatihan membuat kerajinan
tangan dari bahan kain perca serta membuat berbagai kreativitas dari rajutan
oleh kelompok PKK. Namun, program kami tidak hanya terbatas hingga di
pelatihan, melainkan juga melanjutkan hingga proses manajemen produk atau
manajemen pemasaran produk.
3. Lingkungan merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan
kita. Untuk menunjang kehidupan manusia pada khususnya, diperlukan lingkungan
yang bersih, sehat dan nyaman. Kelurahan Barusari tidak berpotensi sebagai
wilayah perkebunan maupun pertanian. Karena tidak adanya lahan kosong sebagai
media tanam sehingga melihat dari permasalahan tersebut, tim KKN alternatif
memiliki program yaitu pemanfaatan taman vertical
sebagai bentuk penghijauan lingkungan di Kelurahan Barusari. Selain itu,
melalui program ini tim KKN juga berusaha mendukung dan merealisasikan visi dan
misi Unnes sebagai Universitas Konservasi.
4. Sebagian remaja yang ada di Kelurahan Barusari ini kurang
optimal dalam beberapa kegiatan. Sehingga diperlukan suatu penghidupan kembali
karang taruna yang ada di daerah tersebut. Salah satunya dengan cara mengikutsertakan
dalam berbagai kegiatan seperti mengaktifkan Rumah Pintar dan kegiatan Health day.
BAB
II
PERMASALAHAN,
PENDEKATAN SOSIAL, DAN RENCANA PROGRAM KERJA
A.
Identifikasi Masalah
Kuliah
Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu kegiatan intrakurikuler bagi mahasiswa
S1 UNNES dan sebagai bentuk nyata dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi
yaitu pengabdian kepada masyarakat. KKN Alternatif
UNNES Gelombang II B 2015 mengusung
tema Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) yang akan disebar di desa lokasi KKN
masing-masing. KKN alternatif adalah
kegiatanyang dilaksanakan di luar kampus guna memberikan pengalaman belajar
kepada mahasiswa dalam hal kewirausahaan, penerapan teknologi, pelatihan dan
pembinaan ipteks yag dikuasai pada sekelompok masyarakat tertentu.
Posdaya tersebut
dibagi menjadi empat bidang yaitu:
1.
Bidang Pendidikan
Penyelengaraan
pendidikan merupakan salah satu pokok yang penting bagi kehidupan. Masalah di
bidang pendidikan yang ada di Kelurahan
Barusari adalah masih terbatasnya sarana dan
prasarana fasilitas pendidikan PAUD.
2.
Bidang Ekonomi
Kegiatan
berwirausaha secara kelompok masyarakat sangat penting, selain untuk menambah
pemasukan keuangan juga menjalin silaturohmi antar masyarakat desa/kelurahan.
Maka, sangat setrategis jika sebuah kewirausahaan yang dibangun bersama
masyarakat satu kelurahan atau paling tidak tiap RW memiliki kelompok
kewirausahaan.
3.
Bidang Kesehatan
Masalah
kesehatan adalah suatu masalah yang sangat kompleks, yang saling berkaitan dengan
masalah-masalah lain di luar kesehatan itu sendiri. Banyak faktor yang
mempengaruhi kesehatan, baik kesehatan individu maupun kesehatan masyarakat.
Ada 4 faktor yang mempengaruhi kesehatan, yaitu: keturunan, lingkungan,
perilaku dan pelayanan kesehatan. Masalah yang ada di Kelurahan Barusari tidak
teralulu mencolok, hanya diperlukan pencegahan-pencegahan terhadap penyakit
seperti DBD.
4.
Bidang Infranstruktur dan Lingkungan Hidup
Lingkungan
merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Untuk menunjang
kehidupan manusia pada khususnya, diperlukan lingkungan yang bersih, sehat dan
nyaman. Kelurahan Barusari tidak berpotensi sebagai wilayah perkebunan maupun
pertanian karena
tidak adanya lahan kosong sebagai media tanam.
B.
Rumusan Masalah
Dengan memperhatikan
identifikasi masalah di atas, rumusan masalah yang bisa diambil sebagai berikut:
1.
Bidang Pendidikan
a.
Bagaimana Pelaksanaan Pendampingan KBM di PAUD?
b.
Bagaimana Pelaksanaan Pendampingan KBM di TPQ?
c.
Bagaimana Pelaksanaan Bimbel (Bimbingan Belajar) di RW 04 dan RW 06
tingkat SD dan SMP?
d.
Bagaimana pelaksanaan English for
young learnes di RW 06?
2.
Bidang Ekonomi
a.
Bagaimana
cara untuk menyediakan lapangan pekerjaan yang berbasis kemasyarkatan untuk
menjalin silatuhrahmi antar masyarakat kelurahan?
b.
Bagaimana cara pelaksanaan pembuatan kerajinan dari kain perca dan
vanel?
c.
Bagaimana cara pembuatan jelly tanpa bahan pengawet?
d.
Bagaimana cara pengelolaan Barusari Online Shop?
3.
Bidang Kesehatan
a.
Bagaimana
pencegahan untuk mengurangi penyebab penyakit DBD?
b.
Bagaimana memberikan penyuluhan tentang jajanan sehat kepada siswa SD di
SD Negeri 02 Barusari?
c.
Bagaimana pelaksanaan pendampingan Posyandu dan Lansia di Kelurahan
Barusari Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang?
4.
Bidang Infrastruktur dan Lingkungan Hidup
a.
Bagaimana pengadaan infrastruktur (plangisasi larangan) ?
b.
Bagaimana cara pelestarian lingkungan dengan cara penanaman pohon?
c.
Bagaimana cara penanaman vertikal Apikhal di Kelurahan Barusari?
C.
Pendekatan Sosial
Pendekatan
yang dilakukan oleh mahasiswa KKN kepada warga kelurahan Barusari adalah dengan
mengobservasi keadaan lingkungan desa dan mewawancarai warga desa terkait pola
hidup sehari-hari. Selain itu mahasiswa KKN juga melakukan pendekatan sosial
dengan penyuluhan- penyuluhan dibidang pendidikan, ekonomi, kesehatan dan juga
lingkungan yang diikutsertakan dalam PKK ibu-ibu di Kelurahan Barusari.
D.
Rencana Program Kerja
Tabel 2.1 Daftar
Rencana Program Kerja Kelompok
KODE
|
NAMA
PROGRAM
|
LOKASI
(DUSUN/RT/RW/
LEMBAGAMITRA)
|
WAKTU
PELAKSANAAN (MINGGU KE)
|
SASARAN
|
HAMBATAN
|
HASIL
DICAPAI
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||||
A
|
Bimbingan Belajar SD, SMP
|
RW 04 dan RW
06
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
Siswa-siswi SD dan siswa-siswi SMP
|
Kedatangan
terkadang tidak sesuai dengan waktu yang telah disepakati
|
Jumlah peserta yang mengikuti
kelas bimbel setiap harinya
menambah
|
|
Pendampingan KBM
|
PAUD, TPQ
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
Siswa-siswi PAUD, anak-anak sekitar RW
03 dan RW 06
|
Sulitnya mengkondisikan
siswa-siswi di kelas. Kurangnya pengalaman dalam hal mengajar.
|
Dapat membantu para pengajar
tetap yang ada PAUD dan TPQ
|
|
Pendampingan English for young learners
|
RW 06
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
Siswa SD dan SMP
|
Kemampuan
bahasa Inggris para peserta English for young learners yang kurang
|
Dapat menambah kemampuan bahasa Inggris
|
|
Pengembangan
Administrasi perpustakaan
|
-
|
|
|
|
-
|
-
|
|
-
|
-
|
-
|
B
|
Senam Sehat
|
RW 5
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
Warga Kelurahan Barusari RW 05
|
Tempat yang
terlalu sempit
|
Menjaga
silaturahmi dan kebersamaan serta menjaga kebugaran tubuh masing-masing
individu
|
|
Pendampingan
posyandu
|
RW 01-07
|
|
|
√
|
|
|
|
Balita dan
lansia
|
Kedatangan
orang tua ke posyandu erkadang tidak tepat waktu dan masih ada beberapa orang
tua yang tidak membawa balitanya
|
Dengan adanya
posyandu orang tua dapat mengetahui perkembangan anaknya erta untuk lansia
dapat mengetahui keadaan atau kesehatannya
|
|
Penyuluhan
jajanan sehat
|
SD Negeri 02
Barusari
|
|
√
|
|
|
|
|
Siswa-siswi SD
Negeri 02 Barusari
|
Masih ada
beberapa siswa-siswi yang tidak mendengarkan pada saat pemateri menjelaskan
materinya
|
Walaupun waktu
menjelaskannya terlalu singkat materi
yang disampaikan bisa dipahami oleh para isiwa-sisw maupun guru yang
mendampingi dalam kegiatan penyuluhan
|
C
|
Pelatihan
kreatifitas kain perca dan vanel
|
Aula kelurahan
barusari
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
Warga
kelurahan Barusari
|
Jumlah peserta
yang tidak sesuai dengan target
|
Walaupun
jumlah peserta yang ikut sedikit tapi pembuatan kerajinan dari kain perca dan
vanel dapat dilaksanakan dengan baik dan setiap peserta dapat membuat
kerajinan dengan baik
|
|
Pembuatan
agar-agar bebas pengawet
|
Aula kelurahan
|
√
|
|
|
|
|
|
Warga
kelurahan Barusari
|
Keterbatasan
Alat yang digunakan untuk membuat
jelly
|
Agar-agar tanpa pengawet tersebut dapat diterima oleh
masyarakat enggan baik
|
|
Barusari
Online Shop
|
Aula Kelurahan
|
|
|
|
|
√
|
|
Ibu-ibu PKK
kelurahan Barusari
|
Hambatan yang dihadapi pada
program kerja barusari online shop adalah koneksi internet, karena sebelumnya
bertempat di kelurahan yang tersedia wifi, tapi dipindah ke posyandu yang
tidak ada koneksi internet, sehingga harus menyediakan modem dan paket data,
|
|
|
Pelatihan Penanaman
vertikal Apotik Hidup
|
RW 04 dan RW
05
|
|
|
√
|
√
|
|
|
Warga
kelurahan Barusari
|
Keterbatasan
jumlah peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan penanaman vertikal
|
Dari pelatihan
penanaman vertikal mampu mengurangi sampah plastik (botol plastik) dan mampu
mengatasi keterbatasan lahan kosong
|
|
Penanaman pohon
|
RW 03-05
|
|
√
|
|
√
|
|
√
|
Warga Kelurahan Barusari
dan tim KKN
|
Keterbatasan
lahan
|
Menambah penghijauan di wilayah Kelurahan Barusari
|
|
Plangisasi
|
RW 04
|
|
|
|
|
√
|
|
Warga Kelurahan Barusari
|
Keterbatasan
biaya sehingga jumlah plang terbatas
|
Menumbuhkan
kesadaran untuk tidak membuang sampah di sungai
|
BAB
III
PELAKSANAAN
PROGRAM KERJA
Program kerja
yang dibentuk disesuaikan dengan tematik KKN Alternatif Gelombang II B yakni pembentukan atau
penguatan Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) yang mencakup 4 bidang, yakni :
bidang pendidikan, bidang ekonomi, bidang kesehatan, bidang infrastruktur dan
lingkungan.
A.
Penguatan Posdaya
Terbentuknya
Posdaya sebagai sarana pemberdayaan keluarga dan penduduk untuk pengembangan
SDM dan pengentasan kemiskinan. Sasaran utama pembentukan ini bukan semata-mata
dengan tujuan membentuk Posdaya, tetapi dimaksudkan agar keluarga muda,
keluarga lansia, kaya dan miskin bisa bersilaturahmi dan saling peduli
sesamanya. Jadi sasarannya adalah bahwa Posdaya ini menjadi forum pemberdayaan
keluarga muda kurang mampu dan berkembangnya suasana hidup gotong royong di
kalangan masyarakat setempat.
Pelaksanaan program
kerja di Kelurahan Barusari tidak terlepas dari adanya hambatan dan kendala,
oleh karena itu perlu dijelaskan penyebab adanya kendala serta langkah
mengatasi kendala tersebut. Kelurahan
Barusari telah memiliki Posdaya namun tidak
berjalan. Maka dari itu, Tim KKN mengadakan
sosialisasi tentang Posdaya untuk mengaktifkan
kembali Posdaya yang telah ada.
Posdaya yang ada di kelurahan Barusari bernama Posdaya
Bumisejahtera.
Posdaya BumiSejahtera yang
ada di kelurahan Barusari tersebut diketuai oleh
Sri Rahayuningsih Kuncoro Terbentuknya Pengurus melalui fasilitasi yang
diberikan atau diupayakan oleh mahasiswa dilakukan melalui pemanfaatan potensi
sumber daya manusia dan lainnya yang ada di sekitar desa. Posdaya tersebut mencakup empat bidang, bidang
pendidikan, bidang ekonomi, bidang kesehatan dan bidang infrastruktur dan
lingkungan. Berikut adalah penjelasan keempat bidang tersebut :
1. Bidang Pendidikan
Fungsi pendidikan melalui pendampingan
PAUD di PAUD cahaya Al Qur’an yang
terletak di RW 04 yang mana siswa-siswi PAUD tersebut berusia 2-4 tahun. Pendampingan
TPQ dilakukan di RW 03 dan RW 06. Selain adanya pendampingan pengajaran PAUD
dan TPQ juga ada pendampingan Bimbel dan English
for young learnersyang dilaksanakan di RW 04 dan RW 06 dimana bimbel
tersebut diikuti oleh siswa-siswi dari jenjang SD-SMP.
2. Bidang Ekonomi
Kelurahan Barusari
yang terletak di Kecamatan Semarang Selatan yang memiliki icon Lidah buaya, hal
tersebut yang menyebabkan setiap rumah yang ada di kecamatan semarang selatan
memiliki tumbuhan lidah buaya, akan tetapi tumbuhan tersebut hanya dibiyarkan
tumbuh tanpa dimanfaatkan padahal lidah buaya memiliki manfaat yang luar biasa.
Selain itu juga mengembangkan potensi
kemampuan dari para waarganya yang memiliki keahlian masing-masing. Dari kerajianan
yang dihasilkan oleh warga dapat dipasarkan melalui internet agar apa yang
dihasilkan oleh warga sekitar kelurahan Barusari dapat diketahui oleh
masyarakat lain.
3. Bidang Kesehatan
Fungsi kesehatan mampu dikembangkan melalui kegiatan
posyandu, penanaman Pola Hidup Bersih dan Sehat yang berupa penyuluhan jajanan
sehat, senam sehat.
4. Bidang Infrastruktur dan Lingkungan
Fungsi
lingkungan mampu dikembangkan melalui kegiatan pembuatan plangisasi (plang
larangan), penanaman tanaman vertikal dikarenankan mengatasi sempitnya lahan
serta penanaman pohon.
B.
Bidang Garapan Posdaya
1.
Bidang Pendidikan
Bidang
garapan Posdaya dalam bidang pendidikan mencakup 4 program kerja, yakni :
penyelenggaraan bimbingan belajar, pendampingan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) PAUD dan TPQ, serta English for young learners.
Tabel
3.1 Program Kerja KKN
NO
|
ProgramKerja
|
Pelaksanaan
|
1.
|
PenyelenggaraanBimbingan Belajar
|
Belajar merupakan tugas pokok setiap
siswa dalam bangku sekolah. Berdasarkan program kerja KKN UNNES maka
diselenggarakan program bimbingan belajar untuk membantu anak-anak yang
mengalami kesulitan belajar di sekolah khususnya di SD dan SMP untuk
memberikan tambahan ilmu yang bermanfaat bagianak-anak.
Program
penyelengaran bimbingan belajar ini diadakan di dua tempat yakni
di RW 04 ( rumah Ibu Kuncoro) dan RW
06 ( rumah Ibu Dedeh). Bimbingan
belajar tersebut dilaksanakan di hari yang berbeda, bimbel di Rw 04
dilaksanakan setiap hari rabu dan jumat pukul 15.00 sedangkan di RW 06
dilaksanakan pukul 18.00.
Pelaksanaan program ini meliputi bimbingan
belajar semua mata pelajaran. Masing-masing mahasiswa yang berperan sebagai
pengampu bimbel membimbing murid untuk membantu mengerjakan tugas / pekerjaan
rumah serta tugas hafalan materi pelajaran yang telah diberikanguru
|
2.
|
Pendampingan KBM
|
Pendampingan KBM
yang dilaksanakan di PAUD cahaya AlQur’andan di TPQ. Pendampingan PAUD dilaksanakan setiap
hari Senin dan Selasa dari pukul 08.00 sampai jam 10.00. sedangkan TPQ
dilaksanakan setiap pukul 16.00.
|
3.
|
English for young learners
|
Pelatihan ini dimaksudkan untuk
membantu siswa-sisiwi yang kurang memahami bahasa Inggris. Pelatihan ini
dilakukan di RW 06 setiap hari kamis pukul 18.00 pesertanya pun sama dari
jenjang SD sampai SMP
|
2.
Bidang Ekonomi
Bidang
garapan posdaya yang kedua yakni bidang Ekonomi. Program kerja yang masuk dalam
bidang ekonomi yakni pembuatan jelly
bebas pengawet, pembuatan kerajinan dari kain perca dan vanel, serta Barusari
Online shop.
No
|
Program kerja
|
Pelaksanaan
|
1.
|
Pembuatan jelly bebas pengawet
|
Pelaksanaan pembuatan jelly bebas pengawet ini dilaksanakan minggu
pertama yang bertempatkan di aula kelurahan Barusari pukul 16.00 yang diikuti
oleh ibu-ibu PKK Barusari. Pembuatan jelly ini berbahan dasar dari lidah
buaya yang mana lidah buaya adalah icon dari kecamatan semarang selatan
sehingga bahan dasar tersebut sangat mudah didapatkan di daerah barusari.
Selain itu alasan lain mengaa berbahan dasar dari lidah buaya karena lidah
buaya memiliki manfaat yang banyak, lidah buaya merupakan icontanaman
kecamatan Semarang Selatan jadi mudah ditemukan di kelurahan Barusasri.
|
2.
|
Pelatihan kain perca dan vanel
|
Pelatihan kerajinan kain perca dilaksanakan di Aula Kelurahan Barusari
minggu ke-1 Tanggal.pukul 16.00 yang diikuti oleh warga kelurahan Barusari.
Pada saat pelatihan berlangsung warga yang mengikuti diberi kebebasan
berkreasi sesuai dengan kemampuan masing-masing.
|
3.
|
Barusari Online Shop
|
Barusari Online Shop
merupakan kegiatan pembuatan web untuk menjual barang-barang hasil kegiatan
Posdaya, seperti kerajinan kain flanel dan agar-agar lidah buaya.
|
3.
Bidang Kesehatan
Bidang
garapan Posdaya yang ketiga yakni bidang kesehatan. Program kerja yang termasuk
dalam bidang kesehatan yaitu : penyuluhan
jajanan sehat,
pendampingan POSYANDU yang terdiri dari POSYANDU lansia, POSYANDU balita, Senam Sehat ibu-ibu Lansia.
No
|
Program Kerja
|
Pelaksanaan
|
1.
|
Penyuluhan Jajanan Sehat
|
Penyuluhan jajanan sehat yang bekerja sama dengan dinas kesehatan
dilaksanakan di SD Negeri 02 Barusari pada tanggal 25 November 2015
|
2.
|
Pendampingan posyandu
|
Pendampingan posyandu dilaksanakan di minggu pertama di setiap rw dari
rw 01-07 yang dilaksanakan dari tanggal 10 sampai
24 posyandu tersebut diikuti oleh balita dan lansia.
Kegiatan posyandu tersebut dilakukan rutin setiap bulannya. Pelakasanaan di
dampingi oleh ibu-ibu PKK tingkat RW yang bekerja sama dengan pihak puskesmas
daerah sekitar.
|
3.
|
Senam Sehat
|
Senam Sehat ibu-bu lansia dilaksanakan rutin setiap hari minggu di RW
5, senam sehat dimulai dari jam 06.00-08.00, senam sehat tersebut dipimpin
oleh satu instruktur senam daerah tersebut.
|
4.
Bidang Lingkungan dan Infrastruktur
Bidang
lingkungan dan infrastruktur menjadi salah satu bidang garapan posdaya dengan
program kerja : penanaman pohon,
plangisasi, dan penanaman vertikal apotek hidup.
No
|
Program Kerja
|
Pelaksanaan
|
1.
|
Penanaman pohon
|
Tumbuhan sangat penting bagi makhluk
hidup, khususnya manusia. Tumbuhan berperan sebagai paru-paru dunia yang akan
menyumbangkan oksigen yang sangat diperlukan oleh makhluk hidup. Disamping
itu, penanaman pohon juga berfungsi untuk menjagaekosistem.
Penanaman pohon ini dilakukan
sebanyak3 periode yaitu minggu ke 2, minggu ke 4 dan minggu ke 6.
Penanamannya pun berbeda-beda tempat. Periode pertama di tanam di RW…..peiode
ke dua di RW..dan yang terakhir di Rw….
Penanman ini dilakukan oleh semua
anggota kkn yang dibantu aleh aparat kelurahan dan warga sekitar.
|
2.
|
Plangisasi
|
Plangisasi yang diadakan
ini berua plangisasi larangan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Plang
yang bertuliskan larangan membuang sampah sembarang ini dipasang disekitaran
sungai rw 04. Pemasangan ini dilakukan oleh anggota KKN yang dibantu oleh
warga sekitar yang mana dilaksanakan pada tanggal……
|
3.
|
Penanaman vertikal apotek hidup
|
Sosialisasi
tanaman vertikal dilakukan dua kali, yaitu pada tanggal 15 dan 22 November
2015. Kemudian penilaian dilaksanakan pada tanggal 10 Desember 2015 di di semua
RW.
|
5. Program
Konservasi
Konservasi
merupakan program yang mengangkat nilai-nilai kelestarian, dimana kelestarian
tersebut mencakup berbagai aspek tidak hanya lingkungan tapi banyak aspek yang
bisa di cakup seperti konservasi budaya, konservasi alam, konservasi sumber
daya manusia dan masih banyak lagi yang bisa diangkat. UNNES sebagai
Universitas konservasi menyiapkan mahasiswa sebagai manusia pembangun yang
membawa perubahan sebagai wujud tanggung jawab perguruan tinggi melalui
pengabdian mahasiswa sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu
pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan KKN ini
dimaksudkan untuk membantu memecahkan masalah persoalan pembangunan yang dihadapi oleh masyarakat guna mewujudkan
kesejahteraan dengan tetap memperhatikan pemeliharaan lingkungan (konservasi)
yang tidak hanya terbatas pada pembangunan secara fisik saja tetapi lebih dari
itu, yakni bersifat hakiki dalam menjaga keseimbangan hak dan kewajiban.
Dalam
hal ini konservasi yang bisa ditanamkan dalam masyarakat merupakan program yang
diharapkan bisa terus berkelanjutan dan dapat terus ditingkatkan, karena
seperti yang telah diketahui peranan masyarakat dalam hal pembangunan memiliki
porsi yang sangat penting untuk kelancaran serta kesuksesan suatu program.
Pelaksanaan program kerja KKN yang bertempat di Kelurahan Barusari yang sudah terlaksana
selama 45 hari ini kami berharap adanya perubahan yang bisa dilakukan oleh
masyarakat walaupun dalam hal yang kecil dan sederhana. Salah satu contohnya
berupa penanaman pohon manga,
rambutan, sengon, pete, matoa. Kegiatan ini merupakan
kegiatan wajib dari Unnes, mahasiswa KKN bersama warga desa Rejosari menanam
sebanyak 115
Bibit. Hal ini dilakukan untuk
mengubah mindset masyarakat akan
pentingnya kelestarian terhadap lingkungan dapat terbentuk pada masyarakat desa.
Program
konservasi yang telah dilaksanakan di KKN Kelurahan Barusari ada tiga kegiatan,
yaitu Arsitektur hijau dan sistem transportasi internal; Pengelolaan limbah; dan Konservasi, etika, seni, dan budaya.
a.
Arsitektur
hijau dan sistem transportasi internal
Pelaksanaan konservasi Arsitektur hijau dan sistem transportasi internal yaitu
penanaman pohon. Penanaman pohon dilakukan di tiga tempat yaitu RW 6, RW 4, dan
RW 2.
b.
Pengelolaan
limbah
Pelaksanaan konservasi Pengelolaan limbah dilaksanakan bersamaan dengan program kerja Tanaman
Vertikal yang memanfaatkan limbah botol air minum bekas.
c.
Konservasi,
etika, seni, dan budaya
Pelaksanaan Konservasi, etika, seni, dan budaya dilaksanakan bersamaan dengan
program kerja bantuan Pos PAUD dan bantuan TPQ. Di dalam pembantuan PAUD dan
TPQ menanamkan etika sopan santun, tegur sapa, dan menghormati orang tua.
BAB
IV
PEMBAHASAN
A.
Relevansi Kegiatan
Kegiatan yang dilakukan oleh TIM KKN
Unnes Kelurahan
Barusari
adalah suatu kegiatan yang mempunyai tujuan untuk mengatasi beberapa masalah
yang ada di kelurahan Barusari Kecamatan Semarang Selatan. Kegiatan yang dilakukan oleh tim
KKN Kelurahan
Barusari merupakan kegiatan yang memiliki beberapa
relevansi atau hubungannya dengan setiap permasalahan yang ada di Barusari. Oleh karena itu kami Tim KKN Kelurahan
Barusari yag terdiri dari 15 orang memiliki program kerja yag terdiri dari 4
(empat) pilar yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan insfrastruktur dan
lingkungan. Yang tentunya telah kami sesuaikan dengan permasalahan yang ada di Barusari.
Permasalahan
pertama yaitu dalam bidang pendidikan yakni terdapat program kerja bimbingan
belajar bagi siswa-siswi. Program kerja ini bertujuan untuk memberikan tambahan
belajar bagi siswa SD dan SMP serta merealisasikan jam wajib belajar yaitu
pukul 15.00-17.00 dan 18.00-20.00 WIB. Pelaksanaan program ini meliputi
bimbingan belajar semua mata pelajaran, dalam bimbel juga diberikan latihan
berupa English for young learners. Masing-masing mahasiswa yang berperan
sebagai pengampu bimbel membimbing murid untuk membantu mengerjakan tugas /
pekerjaan rumah serta tugas hafalan materi pelajaran yang telah diberikanguru.
Selain adanya bimbel juga ada TPQ, dimana TPQ dilaksanakan setiap hari Kamis
dan Jumat jam 16.00 yang siswanya adalah warga sekitar.
Permasalahan
yang kedua yakni dalam bidang ekonomi. Pada umumnya di setiap rumah di
kelurahan barusari menanam lidah buaya, hal tersebut dikarenakan lidah buaya
adalah mascot Kecamatan Semarang Selatan. Akan tetapi tanaman lidah buaya hanya
dibiarkan tumbuh saja, sehingga mahasiswa KKN berupaya memanfaatkan lidah buaya
untuk membuat sebuah pproduk jelly yang bebas pengawet. Pelaksanaan pelatihan
pembuatan jelly ini dilakukan di minggu pertama yang dilakukan bersama ibu-ibu
PKK Barusari.
Selanjutnya
relevansi dibidang kesehatan yaitu mengenai penyuluhan jajanan sehat.
Penyuluhan ini dilaksanakan di SD Negeri 02 Barusari yang bekerjasama dengan
Dinas Ksehatan. Dalam penyuluhan pemateri memberikan bagaimana cara cuci
tangan, dan memilih makanan yang sehat kepada siswa-siswi SD Negeri 02
Barusari. Yang diharapkan setelah adanya penyuluhan para siswa dapat membedakan
makanan yang sehat dan yang tidak sehat.
Sedangkan
dalam bidang infrastruktur program kerja yang dilakukan oleh tim KKN Kelurahan
Barusari adalah pembuatan plang yang berisi larangan tidak boleh membuang
sampah. Penanaman pohon merupakan program kerja konservasi alam yang wajib
dilakukan oleh setiap mahasiswa KKN Unnes dan tim KKN Unnes melakukan
penanaman di tanah milik kelurahan
Barusari. Selain penanaman pohon juga
ada penanaman pohon secara vertikal, penanaman pohon ini berupa pohon apotek
hidup, hal ini dilakukan dikarenakan untuk menangani keterbatasan lahan kosong
yang ada di Kelurahan Barusari.
B.
Akseptabilitas
KKN
Unnes Kelurahan Barusari memiliki program-program kerja yang dilakukan
dengan mempertimbangkan 4 (empat) pilar yang meliputi bidang pendidikan, bidang
ekonomi, bidang kesehatan, serta bidang infrastruktur dan lingkungan. Semua
program kerja tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan mengatasi masalah di Kelurahan Barusari.
Berdasarkan kebutuhan desa yang muncul maka tim KKN Barusari telah melaksanakan 13(tigabelas) program kerja
yang telah disesuaikan dengan kebutuhan desa tersebut.
C.
Partisipasi Masyarakat
Tingkat
pertisipasi masyarakat secara umum di Kelurahan
Barusari cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari
beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan. Seperti pada bidang pendidikan dalam
program kerja penyelenggaraan bimbingan belajar misalnya, siswa SD dan SMP yang mengikuti bimbingan belajar sangat
antusias, pada setiap pertemuannya peserta bimbingan belajar selalu bertambah.
Pada program kerja pelatihan pranatacara, peserta yang terdiri dari warga Kelurahan Barusari,
perangkat desa, cukup antusias, walaupun terkadang terdapat peserta yang datang
terlambat pada saat pelatihan berlangsung.
Di
bidang ekonomi masyarakat sangat antusias, misalnya pada program kerja pelatihan pembuatan jelly tanpa pengawet, pelatihan
kain perca, dan barusari online shop. Para ibu-ibu PKK yang
ikut serta dalam kegiatan penyuluhan tersebut terlihat antusias yang dibuktikan
dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh ibu-ibu PKK terkait materi pelatihan pembuatan jelly tanpa pengawet.
D.
Kegunaan
Kegiatan
TIM KKN Unnes direncanakan dan dilaksanakan berdasarkan empat pilar yaitu pilar
pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lingkungan. Oleh karena itu kemanfaatan
program ini bisa dirasakan oleh warga Kelurahan
Barusari. Seperti dibidang Pendidikan yaitu pelatihan English for young learners hal tersebut
dilaksanakan guna untuk membantu parasiswa yang kurang mampu dalam berbahasa
inggris. Selain itu tim KKN Unnes juga
mengadakan Bimbingan Belajar bagi siswa SD
dan SMP dan sangat berguna bagi para siswa
dalam mendapingi belajar dan mengerjakan Tugas mereka. Secara umum program
kerja dibidang pendidikan berguna untuk meningkatkan pengetahuan siswa baik
formal maupun informal.
Dalam
bidang kesehatan terdapat jajanan
sehat yakni memberikan pengetahuan kepada para siswa –siswi SD Negeri 02 Barusari tentang bagaimana memilih
makan yang sehat untuk dikonsumsi, agar mereka tidak memakan jajanan yang
sembarangan yang dapat menyebabkan penyakit.
Program
Tim KKN dibidang ekonomi adalah melakukan pelatihan
pembuatan jelly bebas pengawet yang diharapkan dapat menghindari bahan-bahan
berbahaya seta dapat menjadikan warga memanfaatkan lidah buaya yang ada
disetiap rumah mereka.. Program kerja dibidang ekomoni
lainnya yakni pembuatan kerajinan dari
kain perca dan vanel serta Barusari
Online shop.
E.
Dampak Jangka Panjang
Kegiatan
Tim KKN Unnes Kelurahan Barusari
yang telah dilakukan diharapkan tidak hanya sebagai kegiatan jangka pendek tapi
juga memiliki dampak jangka panjang. Dalam suatu kegiatan memiliki tahapan dari
proses persiapan, pelaksanaan, dan hasil. Program
kerja seperti program penanaman vertikal diharapkan masih terus berlangsung
dikarenakan kegiatan tersebut dapat mengatasai kelangkaan lahan kosong yang ada
di kelurahan Barusari.
F.
Tindak Lanjut
Setelah tim KKN Unnes kelurahan Barusari
sudah tidak lagi di desa tersebut komunikasi tetap terjaga antara mahasiswa,
perangkat, dan warga desa Rejosari Hal ini agar dapat memantau perkembangan
kelanjutan program kerja yang telah dilaksanakan. Komunikasi yang dilakukan
dapat berupa SMS, telpon, dan silaturahmi langsung ke keurahan Barusari,
jika hal tersebut sangat dibutuhkan. Komunikasi ini dapat digunakan sebagai
media silaturahmi dan konsultasi jika terdapat beberapa masalah yang belum
terselesaikan dan memerlukan bantuan dari tim KKN. Komunikasi ini diharapkan
dapat berjalan rutin dan berkelanjutan.
G.
Kelanjutan
Dalam program yang telah
dilaksanakan oleh tim KKN Unnes diharapkan akan muncul kader-kader yang dapat
meneruskan program kerja ataupun kegiatan yang telah dilakukan oleh tim KKN
Unnes. Seperti program yang kita dengan posdaya “BUMISEJAHTERA” dapat terus berjalan sesuai dengan
jadwal kegiatan yang telah direncanakan. Diharapkan setiap pengurus posdaya
dari keempat bidang dapat melaksanakan kewajibannya sehingga program-program
yang ada dapat terlaksana dengan baik, serta dari pengurus dapat menjadi
penghubung antara tim KKN unnes dan masyarakat kelurahan Barusari.
BAB
V
PENUTUP
A.
Simpulan
Berdasarkan program
kerja yang telah terlaksana dalam tim KKN Alternatif
gelombang II B Unnes, maka terdapat beberapa simpulan
diantaranya:
1. Bidang Pendidikan
a. Bimbingan Belajar SD dan SMP
b. Pendampingan Kegiatan Belajar (KBM)
c. Pelatihan English for young learners
2. Bidang Ekonomi
a. Pembuatan jelly bebas pengawet
b. Pelatihan kerajinan kain perca dan vanel
3. Bidang Kesehatan
a. Penyuluhan
jajanan sehat
b. Pendampingan
posyandu
c. Senam sehat
4. Bidang Infrastruktur dan Lingkungan
Hidup
a. Penanaman pohon vertikal apotek hidup
b. Penanaman pohon
c. Plangisasi
B.
Saran
1.
Bagi Desa Barusari:
a. Masyarakat Desa
Barusari hendaknya lebih menyadari
akan pentingnya pendidikan untuk masa depan putra-putri mereka.
b. Masyarakat desa
lebih meningkatkan partisipasinya dalam
kegiatankegiatan yang dilakukan oleh pemerintah desa, termasuk program
yang berhubungan dengan pendidikan dan kelingkungan.
c. Lebih
ditingkatkannya kerja sama
antara masyarakat, dusun
dan pemerintah desa dalam hal pembangunan dan kemajuan Desa.
d. Lebih
ditingkatkannya kesadaran masyarakat
akan pentingnya perilaku hidup
bersih dan sehat.
2.
Bagi
Universitas Negeri Semarang (UNNES) :
Pembekalan KKN
sebaiknya dilaksanakan dan
dipersiapkan dengan matang.
LAMPIRAN
A.
Biodata Mahasiswa KKN
1.
|
Nama
NIM
Tempat Tanggal Lahir
Fakultas
Jurusan
Nomor HP
|
:
:
:
:
:
:
|
Priyo Setiawan
3301412126
Blitar, 25 Maret 1994
FIS
Pkn
081915004884
|
2.
|
Nama
NIM
Tempat Tanggal Lahir
Fakultas
Jurusan
Nomor HP
|
:
:
:
:
:
:
|
Istiqomah
3301412138
Purbalingga, 2 April 1994
FIS
Pkn.
085747970874
|
3.
|
Nama
NIM
Tempat Tanggal Lahir
Fakultas
Jurusan
Nomor HP
|
:
:
:
:
:
:
|
Ginawan Rianto
3301412102
Purbalingga, 21 Maret 1994
FIS
Pkn.
085713115967
|
4.
|
Nama
NIM
Tempat Tanggal Lahir
Fakultas
Jurusan
Nomor HP
|
:
:
:
:
:
:
|
Wahyu Nur Alamsah
4201412095
Purbalingga, 9
Agustus 1993
FMIPA
Fisika
085647782622
|
5.
|
Nama
NIM
Tempat Tanggal Lahir
Fakultas
Jurusan
Nomor HP
|
:
:
:
:
:
:
|
Arnita Susilaningtiyas
3301412119
Purbalingga, 18 Oktober 1994
FIS
Pkn.
085747863284
|
6.
|
Nama
NIM
Tempat Tanggal Lahir
Fakultas
Jurusan
Nomor HP
|
:
:
:
:
:
:
|
Aprilia Ratna Dewi .N.
3301412121
Rembang, 7 April 1994
FIS
Pkn.
081914561729
|
7.
|
Nama
NIM
Tempat Tanggal Lahir
Fakultas
Jurusan
Nomor HP
|
:
:
:
:
:
:
|
Zakiyatul Fakhiroh
3301412112
Batang, 8 juli 1994
FIS
Pkn.
089668083513
|
8.
|
Nama
NIM
Tempat Tanggal Lahir
Fakultas
Jurusan
Nomor HP
|
:
:
:
:
:
:
|
Wiwi Septiani
7101412370
Purbalingga, 18 September 1993
FE
Pendidikan Ekonomi
087832461810
|
9.
|
Nama
NIM
Tempat Tanggal Lahir
Fakultas
Jurusan
Nomor HP
|
:
:
:
:
:
:
|
Taofik Hidayat
5202412052
Cilacap, 13 Juni 1994
FT
Teknik Mesin
085726354824
|
10.
|
Nama
NIM
Tempat Tanggal Lahir
Fakultas
Jurusan
Nomor HP
|
:
:
:
:
:
:
|
Setyangga Achmad
Ferdianto
2601412013
Malang, 19 Oktober 1994
FBS
Bahasa Jawa
085655557161
|
11.
|
Nama
NIM
Tempat Tanggal Lahir
Fakultas
Jurusan
Nomor HP
|
:
:
:
:
:
:
|
Loren Febrilia .P.
6101412127
Curup, 20 Februari
1994
FIK
PJKR
089617743146
|
12.
|
Nama
NIM
Tempat Tanggal Lahir
Fakultas
Jurusan
Nomor HP
|
:
:
:
:
:
:
|
Faradhita Widha
Ramdani
6101412112
Semarang, 3 Maret 1994
FIK
PJKR
085727774385
|
13.
|
Nama
NIM
Tempat Tanggal Lahir
Fakultas
Jurusan
Nomor HP
|
:
:
:
:
:
:
|
Andri Saeful Adnan
2101412080
Brebes, 16 April 1992
FBS
BSI
085743420783
|
14.
|
Nama
NIM
Tempat Tanggal Lahir
Fakultas
Jurusan
Nomor HP
|
:
:
:
:
:
:
|
Dendy Nur Hakim
6101412094
Purbalingga, 16 Maret 1994
FIK
PJKR
085847803050
|
15.
|
Nama
NIM
Tempat Tanggal Lahir
Fakultas
Jurusan
Nomor HP
|
:
:
:
:
:
:
|
Qy Atqia
1102412065
Brebes, 12 Desember
1993
FIP
TP
085742222193
|
B.
Tabel Register Pendataan Keluarga Posdaya
C.
Peta Keluarga Posdaya
D.
Data Basis Posdaya
E.
Surat Keputusan Pembentukan Posdaya
F.
Ringkasan Data Posdaya (bentuk tabel)
G.
Tabel Penanaman Pohon
Jenis
Pohon
|
Jumlah
pohon
|
Lokasi
Penanaman
|
Sember
Pohon
|
Estimasi
Dana
|
Mangga
|
17
|
Bantaran
sungai RW 5
|
Membeli
|
255.000
|
Mangga
|
50
|
Pekarangan
warga RW 4
|
Bantuan
Perhutani kota Semarang
|
100.000
|
Sengon
|
20
|
Pekarangan
warga RW 4
|
Bantuan
Perhutani kota Semarang
|
|
Pete
|
30
|
Pekarangan
warga RW 4
|
Bantuan
Perhutani kota Semarang
|
H.
Peta Wilayah Kelurahan
I.
Tabel Program Kerja dan Jadwal Kegiatan KKN
KODE
|
NAMA
PROGRAM
|
LOKASI
(DUSUN/RT/RW/
LEMBAGAMITRA)
|
WAKTU
PELAKSANAAN (MINGGU KE)
|
SASARAN
|
HAMBATAN
|
HASIL
DICAPAI
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||||
A
|
Bimbingan Belajar SD, SMP
|
RW 04 dan RW
06
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
Siswa-siswi SD dan siswa-siswi SMP
|
Kedatangan
terkadang tidak sesuai dengan waktu yang telah disepakati
|
Jumlah peserta yang mengikuti
kelas bimbel setiap harinya
menambah
|
|
Pendampingan KBM
|
PAUD, TPQ
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
Siswa-siswi PAUD, anak-anak sekitar RW
03 dan RW 06
|
Sulitnya mengkondisikan
siswa-siswi di kelas. Kurangnya pengalaman dalam hal mengajar.
|
Dapat membantu para pengajar
tetap yang ada PAUD dan TPQ
|
|
Pendampingan English for young learners
|
RW 06
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
Siswa SD dan SMP
|
Kemampuan
bahasa Inggris para peserta English for young learners yang kurang
|
Dapat menambah kemampuan bahasa Inggris
|
|
Pengembangan
Administrasi perpustakaan
|
-
|
|
|
|
-
|
-
|
|
-
|
-
|
-
|
B
|
Senam Sehat
|
RW 5
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
Warga Kelurahan Barusari RW 05
|
Tempat yang
terlalu sempit
|
Menjaga
silaturahmi dan kebersamaan serta menjaga kebugaran tubuh masing-masing individu
|
|
Pendampingan
posyandu
|
RW 01-07
|
|
|
√
|
|
|
|
Balita dan
lansia
|
Kedatangan
orang tua ke posyandu erkadang tidak tepat waktu dan masih ada beberapa orang
tua yang tidak membawa balitanya
|
Dengan adanya
posyandu orang tua dapat mengetahui perkembangan anaknya erta untuk lansia
dapat mengetahui keadaan atau kesehatannya
|
|
Penyuluhan
jajanan sehat
|
SD Negeri 02
Barusari
|
|
√
|
|
|
|
|
Siswa-siswi SD
Negeri 02 Barusari
|
Masih ada
beberapa siswa-siswi yang tidak mendengarkan pada saat pemateri menjelaskan
materinya
|
Walaupun waktu
menjelaskannya terlalu singkat materi
yang disampaikan bisa dipahami oleh para isiwa-sisw maupun guru yang
mendampingi dalam kegiatan penyuluhan
|
C
|
Pelatihan
kreatifitas kain perca dan vanel
|
Aula kelurahan
barusari
|
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
Warga kelurahan
Barusari
|
Jumlah peserta
yang tidak sesuai dengan target
|
Walaupun
jumlah peserta yang ikut sedikit tapi pembuatan kerajinan dari kain perca dan
vanel dapat dilaksanakan dengan baik dan setiap peserta dapat membuat
kerajinan dengan baik
|
|
Pembuatan
jelly bebas pengawet
|
Aula kelurahan
|
√
|
|
|
|
|
|
Warga
kelurahan Barusari
|
Keterbatasan
Alat yang digunakan untuk membuat
jelly
|
Jelly tanpa
pengawet tersebut dapat diterima oleh masyarakat enggan baik
|
|
Barusari
Online Shop
|
Aula Kelurahan
|
|
|
|
|
√
|
|
Ibu-ibu PKK kelurahan
Barusari
|
Hambatan yang dihadapi pada
program kerja barusari online shop adalah koneksi internet, karena sebelumnya
bertempat di kelurahan yang tersedia wifi, tapi dipindah ke posyandu yang
tidak ada koneksi internet, sehingga harus menyediakan modem dan paket data,
|
|
|
Pelatihan Penanaman
vertikal Apotik Hidup
|
RW 04 dan RW
05
|
|
|
√
|
√
|
|
|
Warga
kelurahan Barusari
|
Keterbatasan
jumlah peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan penanaman vertikal
|
Dari pelatihan
penanaman vertikal mampu mengurangi sampah plastik (botol plastik) dan mampu
mengatasi keterbatasan lahan kosong
|
|
Penanaman pohon
|
RW 03-05
|
|
√
|
|
√
|
|
√
|
Warga Kelurahan Barusari
dan tim KKN
|
Keterbatasan
lahan
|
Menambah penghijauan di wilayah Kelurahan Barusari
|
|
Plangisasi
|
RW 04
|
|
|
|
|
√
|
|
Warga Kelurahan Barusari
|
Keterbatasan
biaya sehingga jumlah plang terbatas
|
Menumbuhkan
kesadaran untuk tidak membuang sampah di sungai
|
J.
Foto Kegiatan
1.
Penerimaan
KKN Keluraha
2.
Bimbingan
Belajar SD, SMP
3.
Pendampingan
KBM
4.
Pendampingan English for young
learners
5.
Pengembangan Administrasi perpustakaan
6.
Senam Sehat
7.
Pendampingan posyandu
8.
Penyuluhan jajanan sehat
9.
Pelatihan kreatifitas kain perca dan vanel
10.
Pembuatan jelly bebas pengawet
11.
Barusari Online Shop
12.
Pelatihan Penanaman vertikal Apotik Hidup
13.
Penanaman
pohon
14.
Plangisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar