Total Tayangan Halaman

Senin, 27 Mei 2013

SM 3T (Sarjana Mengajar di daerah Terpencil, Terluar, Tertinggal)

apa sih SM3T itu?
SM3T adalah singkatan dari Sarjana Mengajar di daerah Terpencil, Terluar, Tertinggal.
ini merupakan program untuk mahasiswa yang sudah lulus S1 pendidikan dan ingin merasakan pengalaman baru mengajar di daerah yang tertinggal, terpencil, jauh dari peradaban, tidak ada teknologi, apalagi gadget canggih, listrik saja belum tentu ada. ditambah lagi lokasi yang sangat jauuh jalan kaki lewat hutan. Selama 1 tahun kita mengalami penderitaan itu.
 tapi itu jadi tantangan tersendiri bagi orang yang berjiwa petualang dan bermental kuat, meski satu tahun jauh dari orangtua, keluarga, tidak bisa nelpon karena listrik saja tidak ada selama satu tahun, bagi yang berjiwa petualang ini merupakan Sensasi tersendiri.
intinya adalah untuk menambah pengalaman dan belajar kebudayaan di daerah terpencil.
tujuan SM3T antara lain: Papua, Flores, NTT, Bangka, Belitung, Mentawai, dll.
setelah ikut program ini kita akan mendapat sertifikasi.
Anda tertarik untuk mencobanya?


3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Aduhh,, kita bukan hanya sekedar mengajar tetapi juga bertarung untuk hidup. Belum lagi kalo di daerah terpencil banyak hal yang yang membuat kita terkejut. Mungkin dengan kebiasaan di daerah mereka atau bahasa mereka yg sulit kita mengerti. Penuh cobaan tetapi memang layak dicoba. Selama daerah itu aman. Dalam arti kata keselamatan jiwa kita bisa terjamin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berbagi pengalaman kakak :) memang benar di tempat SM3T sangat berbahaya, ada 1 teman kami yg meninggal karena tenggelam. tapi banyak diantara mereka yang berhasil pulang dengan selamat. salut pada guru SM3T yang mempertaruhkan nyawa demi pendidikan. sayang sekali program ini sudah ditiadakan. 2016 adalah SM3T periode terkhir.

      Hapus